banner 728x250

Bawaslu Lingga Awasi Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu

banner 120x600
banner 468x60

JEBAT.ID,Lingga: Bawaslu Kabupaten Lingga memastikan telah melakukan pengawasan melekat dan langsung terhadap pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara,dukungan perlengkapan dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum yang tiba Kabupaten Lingga.

Bawaslu Lingga juga memastikan sejumlah logistik sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 16 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum.

“Kita lakukan pengawasan melekat dan langsung untuk memastikan dari segi aspek pengadaan dan pendistribusiannya dan pada aspek pengadaan tentunya melihat kepatuhan prosedur, kepatuhan waktu, jenis dan ukuran keamanan penyimpanan dan kerusakan dan sisa,” ungkap Fidya.

Ia menambahkan dalam hal pengawasan Bawaslu Lingga mengacu pada Perbawaslu nomor 12 tahun 2023 tentang pengawasan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum.

“Fokus pengawasan kita pada kesesuaian jumlah dan jenis kelengkapan perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam Pemilihan Umum dan ketepatan waktu dan jenis kelengkapan logistik sesuai dengan jadwal kedatangan logistik Pemilu Tahun 2024 yang telah ditentukan, sesuai surat yang kita sampaikan sebelumnya” kata fidya.

Selain itu, Bawaslu juga meminta KPU Lingga melakukan mitigasi guna mengantisipasi potensi kekurangan perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam Pemilihan umum agar keterlambatan pendistribusian logistik sebelum hari pemungutan suara tidak terjadi.

Baca juga :   Gubernur Kepri Serahkan Satu Ekor Sapi Qurban Kepada Masyarakat Desa Teluk,Lingga Timur.

“Alhamdulillah Koordinasi dengan KPU berjalan dengan cukup baik dan kita lakukan secara kontiniu,guna memantau kondisi baik di lapangan maupun di gudang logistik KPU yang ada di daik” tutup fidya.

Sebagai langkah peningkatan keamanan bawaslu lingga juga bekerjasama dengan polres lingga demi meningkatkan keamanan logistik yang berjalan.Perlengkapan pemungutan suara yang sudah tiba di gudang logistik KPU adalah bilik suara, segel, dan tinta.

(Adhe Bakong)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *