banner 728x250

Rehap Balairung Replika Istana Damnah di Daik Lingga Rampung

Rehap Balairung Replika Istana Damnah di Daik Lingga Rampung

banner 120x600
banner 468x60

Jebat.id – Pengerjaan rehabilitasi Balairung Replika istana damnah rampung dikerjakan.

Rehabilitasi total ini dimulai dari lantai, atap, tiang penyanggah, pagar samping dan taman di replika istana damnah pada balai pertemuan atau balairung para sultan di zaman Kesultanan Riau-Lingga.

Meski direhab total sebagai upaya memperindah wisata sejarah, namun bentuk bangunannya tetap dipertahankan seperti aslinya.

Bangunan tersebut tampil lebih menawan di lokasi Kampung Damnah, Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUTR Lingga, Deden Trisna Wijaya mengatakan, pengerjaan obyek destinasi wisata di Lingga telah selesai.

“Pengerjaan rehabilitasi Balairung Istana Damnah telah rampung sesuai dangan waktu yang ditentukan. Semoga dengan telah selesainya kegiatan bisa bermanfaat bagi khalayak ramai,” kata Deden, Rabu (1/11/2023)

Sementara itu, Bupati Lingga M. Nizar mengucap syukur Kabupaten Lingga sudah ditetapkan atau sudah dinyatakan lokasi prioritas untuk kawasan pariwisata istana damnah yang ada di Daik.

“Hari Jadi Kabupaten Lingga tahun ini begitu terasa baginya, karena mengembalikan semangat awal dari para pendiri Kabupaten Lingga untuk membentuk Lingga dengan membagi tiga poros pulau besar di Dabo, di Senayang, dan Daik,” ucapnya

Ia bersyukur dengan adanya Lingga jadi Lokpri dan sudah ditetapkan jadi tujuan nasional di lokasi prioritas kawasan pariwisata budaya Istana Damnah.

“Sehingga di tahun 2024 di kawasan itu sudah terbangun ada ruas jalan yang ada Rp 10 miliar, kemudian di dinas pariwisata ada Rp 3 miliar, dan di dinas lain juga ikut membangun di situ dengan adanya kita sebagai lokasi prioritas,” imbuhnya.

Untuk diketahui, rehabilitasi yang dikerjakan CV Anak Tamiang selaku pemenang lelang dengan nilai sebesar Rp 814 juta tersebut, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023.

banner 325x300
Baca juga :   Siswi SMA Negeri 1 Singkep Wakili Kepri di Ajang Duta SMA Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *