banner 728x250

Aplikasi Sirekap Terkendala, Ada Beberapa Desa di Lingga Belum Terjangkau Jaringan Internet

Septiadi Syarza Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lingga
banner 120x600
banner 468x60

JEBAT.ID,LINGGA – Pilkada serentak bakal digelar pada 27 November mendatang. Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Sayangnya, masih ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lingga yang belum terjangkau jaringan internet.

“Kami sudah melakukan pemetaan ada beberapa wilayah yang tanpa sinyal jaringan internet,” ungkap Septiadi Syarza Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lingga kepada Jebat.id pada,Minggu (07/07/24).

Kondisi keterbatasan jaringan di Kabupaten Lingga

Septiadi Syarza mengatakan, untuk menghadapi kondisi ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KPU RI melalui zoom meeting di Batam beberapa waktu lalu, Selain itu, KPU Lingga tengah melakukan mitigasi kontigensi plannya terutama penggunaan sirekap di titik yang tak ada sinyal jaringan internet.

“Kami akan meminta KPPs untuk bergeser wilayah yang ada sinyal, atau jaringan data tentunya dengan SOP dan manajemen resiko yang ada,” ujar Komisioner KPU Lingga ini.

Selanjutnya, untuk daerah yang tidak ada jaringan internet, maka KPU telah berkoordinasi dengan stakeholders terkait yang memiliki jaringan HT untuk dapat meng-cover huhungan komunikasi data itu.

“KPU Lingga telah mengundang pihak terkait seperti Telkomsel melakukan koordinasi untuk mengatasi kondisi di cakupan wilayah yang minim jaringan,” ujarnya.

Diketahui, untuk mempercepat proses rekapitulasi sekaligus menghadirkan transparansi dalan proses perhitungan dan hasil perhitungan di TPS, maka KPU telah menetapkan untuk kembali menggunakan Sirekap pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini sesuai hasil kesepakatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi II DPR RI, di mana Sirekap dapat digunakan sebagai alat bantu dan publikasi, tetapi bukan sebagai hasil resmi pemilihan yang juga telah disepakati tetap manual seperti pemilu dan pemilihan sebelumnya.

Untuk menggunakan Sirekap ini dibutuhkan sinyal internet yang memadai. Namun, ada sejumlah Desa di Lingga yang hingga saat ini masih belum terjangkau jaringan internet secara maksimal,seperti Desa Mentuda, Kecamatan Lingga,Desa Langkap, Kecamatan Singkep Barat dan lain-lain.

Baca juga :   Carut-marut Dana Kampanye Pileg, Irham : Jangan Mengatur Aturan Yang Tidak Diatur

(Adhe Bakong)

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *