banner 728x250

Danlanal Dabo Singkep Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023

banner 120x600
banner 468x60

Danlanal Dabo Singkep Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023. (Foto: ist) 

Danlanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Faruq Dedy Subiantoro pimpin upacara hari pramuka ke-62 tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Dabo Singkep, Selasa (29/8/2023).

Upacara tersebut diikuti ribuan peserta dari tingkat SD hingga SMA se-Kecamatan Singkep.

Dalam amanatnya Danlanal Dabo Singkep membacakan amanat dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

“Syukur alhamdulillah pada hari ini, tanggal 14 Agustus 2023, segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini telah genap berusia 62 tahun,” katanya.

Baca juga :   Dua Terdakwa Korupsi BBM Pemkab Lingga Akan Jalani Sidang Perdana di PN Tanjungpinang

Pada tahun ini sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada seiak tahun 1912.

“Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terimakasih kepada Alloh Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program- program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter,” ujarnya.

Adapun tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM Yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan,” ucapnya.

Di samping itu, Wawasan Kebangsaan Juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.

“Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan Kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas.

“Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan Kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan,” imbuhnya. (Red)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *