banner 728x250

Pemkab Lingga Raih Penghargaan Eliminasi Malaria dari Kemenkes RI

banner 120x600
banner 468x60

JEBAT.ID – Lingga,Pemerintah Kabupaten Lingga kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan menerima sertifikat eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan ini diberikan pada puncak peringatan Hari Malaria Sedunia yang berlangsung di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta. Kabupaten Lingga bersama 17 kabupaten/kota lainnya di Indonesia berhasil mencapai prestasi ini setelah tidak menemukan kasus malaria indigenus selama tiga tahun berturut-turut, sebuah syarat penting untuk dinyatakan bebas malaria.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Kesehatan mengapresiasi Kabupaten Lingga sebagai kabupaten/kota kelima di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang dinyatakan bebas malaria, setelah Kota Batam, Tanjungpinang, Karimun, dan Natuna.

Keberhasilan ini tidak lepas dari upaya gigih Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Wirawan Trisna Putra, menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan langkah promotif dan preventif untuk mempertahankan status bebas malaria

“Langkah-langkah ini mencakup edukasi kepada masyarakat, pengendalian vektor malaria, dan pemantauan rutin di wilayah-wilayah yang berpotensi menjadi sumber penyebaran malaria,” ungkap Wirawan pada Selasa (25/06/2024).

Acara penganugerahan sertifikat eliminasi malaria ini diadakan di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan, di mana 17 bupati/walikota atau perwakilannya menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan ini menandakan komitmen Pemerintah Kabupaten Lingga untuk terus menjaga kesehatan masyarakat dan keberhasilan upaya kolektif antara Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dengan masyarakat dalam mengeliminasi malaria.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Lingga, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk terus berupaya dalam mengatasi penyakit malaria. Komitmen bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan status bebas malaria demi kesehatan dan kesejahteraan bersama.

 

Baca juga :   Masyarakat Dabo Singkep Antusias Ikuti Gebyar Jalan Santai Relawan Relasi Gemoy 02 Lingga

(Adhe)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *