banner 728x250

Siswi SMA Negeri 1 Singkep Wakili Kepri di Ajang Duta SMA Nasional

banner 120x600
banner 468x60

Siswi SMA Negeri 1 Singkep Wakili Kepri di Ajang Duta SMA Nasional. (Foto: ist) 

Pelajar SMA Negeri 1 Singkep bernama Asti Anggriyani (16) bakal mewakili Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada ajang Pemilihan Duta SMA Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Duta SMA adalah program prestatif yang diinisiasi oleh Direktorat SMA untuk menjaring siswa-siswi SMA yang memiliki karakter Pelajar Pancasila, mampu menjadi role model sebaya di bidang pendidikan, serta memiliki tiga nilai utama atau core value, yaitu Sinergi, Mandiri, dan Aktif.

Ada beberapa rangkaian seleksi dalam mengikuti ajang ini, seperti melengkapi persyaratan administrasi dan tahapan seleksi yang terdiri atas seleksi administrasi dan seleksi karya tulis.

Saat dihubungi infolingga.net, Asti menyampaikan bahwa motivasi untuk mengikuti ajang Duta SMA ini adalah untuk menambah prestasi, pengalaman, wawasan, relasi, dan membanggakan orang-orang sekitar.

“Sebagai anak muda yang berjiwa penasaran dan selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, saya ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi duta SMA dan menjadi role model untuk teman SMA sebaya,” katanya, Jumat (1/09/2023).

Baca juga :   Pemkab Lingga Dapat Pembangunan 5 Lokal SKB dari Kemendikbud

Sementara untuk persiapannya, Asti mengatakan bahwa ia melewati dua seleksi yang sangat ketat, yakni seleksi administrasi dan seleksi karya tulis (wawancara).

“Alhamdulillah setelah melakukan persiapan pertama seleksi administrasi, dilanjutkan seleksi karya tulis sesuai dengan tema yang telah disiapkan, yaitu salah satunya yang diambil adalah tema mengenai ‘Peran Siswa SMA dalam Merawat Kebhinekaan’. Alhamdulillah berhasil lolos terpilih menjadi Duta SMA Kepulauan Riau 2023 dan melanjutkan seleksi Duta SMA Nasional di Jakarta,” ujarnya.

Asti mengaku bahwa pihak sekolah sangat mendukung dalam mengikuti ajang ini.

“Bapak Faisal Bakti, S.Pd. sebagai guru pembimbing, juga sangat mendukung saya ke jenjang Nasional dengan membawa nama sekolah dan Provinsi Kepulauan Riau,” ucapnya.

Asti menyampaikan bahwa ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menggapai impian hingga sukses dan membanggakan orang tua.

“Saya tidak hanya akan berhenti di sini dan merasa puas, tetapi akan terus melaju untuk mendatangkan banyak peluang dalam menggapai prestasi,” tuturnya.

Baca juga :   KPU Lingga Mulai Sortir Lipat 383 Ribu Surat Suara Pemilu

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Singkep, Lexminander, S.Pd. mengaku bersyukur karena ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMA Negeri 1 Singkep.

“Di Provinsi Kepri ada dua sekolah yang berhasil mewakili Provinsi Kepri, yakni dari SMA Negeri 1 Singkep bersama SMA Negeri 1 Bintan Utara. Pihak sekolah tentu sangat senang dan bangga atas prestasi ini.

Dia berharap untuk kedepannya ada dukungan dari pihak-pihak terkait agar kegiatan yang skalanya nasional dapat didukung dengan baik dari pihak sekolah dan pemerintah Provinsi Kepri.

“Karena ini sangat penting dan menjadi role model bagi perkembangan prestasi di bidang akademik dan non akademik dari sisi intelektualitas serta melatih mental bagi siswa-siswi SMA se-Kepri,” harapnya. (Aji)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *