banner 728x250

Bupati Nizar Gelar Safari Ramadhan 1445 H Pererat Tali Silaturahmi Dengan Seluruh Masyarakat Lingga

banner 120x600
banner 468x60

Jebat.id – Hikmah puasa Ramadhan yang paling utama adalah memperbanyak amal dan membentuk kepribadian muslim yang bertaqwa.

Karena itu, ibadah ini tidak terbatas hanya menahan lapar dan dahaga serta syahwat dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Tapi ada hikmah dan filosofi atau makna yang terkandung dalam ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Hal terberat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan justru mengendalikan hati, pikiran, dan anggota badan dari hal-hal yang bisa menimbulkan dosa. Misalnya mengendalikan hati dari iri dan dengki, mengendalikan pikiran dari prasangka buruk, atau menahan pandangan mata dari sesuatu yang menimbulkan syahwat.

Sejatinya setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT tentunya memiliki hikmah dengan pemahanan filosofi dan makna mendalam yang perlu umat Islam pahami dan mengerti. Sehingga ketika melakukan ibadah puasa Ramadan tidak hanya ikut-ikutan saja.

Karena dalam melaksanakan ibadah ini, seorang muslim harus memiliki niat yang kuat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta berusaha meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat menjalani ibadah puasa, salah satu contohnya safari ramadhan.

Kegiatan safari ramadhan umumnya dilaksanakan oleh instansi pemerintah, perusahaan swasta, organisasi, dan mahasiswa.

Safari Ramadhan merupakan salah satu cara Pemimpin di setiap daerah untuk bersilahturahmi dengan masyarakat.

Tujuan safari ramadhan utamanya adalah untuk menjalin silaturahmi dengan sesama umat Muslim.

Agar lebih menarik, biasanya safari Ramadhan diselenggarakan dengan tema tertentu.

Lantas, sebenarnya apa itu safari ramadhan Berikut pengertian, tujuan, tema, dan contoh kegiatan safari Ramadhan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), safari merupakan perjalanan atau pertualangan jarak jauh dalam suatu kegiatan ekspedisi.

Dalam arti, safari dapat dilakukan dalam bentuk penyelidikan, penelitian, wisata, dan sebagainya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa safari Ramadhan artinya yaitu kegiatan di bulan Ramadhan yang bertujuan untuk silaturahmi dengan sesama Muslim.

Seperti yang diketahui, Islam sangat menganjurkan umat Muslim untuk bersilaturahmi.

Sebab, ada banyak kebaikan yang menyertai silaturahmi, yaitu diberkahi umur yang panjang dan diberikan rezeki yang luas.

Manfaat silaturahmi bahkan telah disabdakan Rasulullah SAW dalam hadis yang berbunyi:

“Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahim.” (HR. Bukhari).

Sementara itu, Dikutip dari tadrisips.iain-jember.ac.id, Safari Ramadhan adalah sebuah kegiatan yang terakomodir secara kelompok untuk kegiatan ekspedisi guna menggapai keutamaan-keutamaan bulan suci Ramadhan.

Safari Ramadhan digunakan sebagai ajang silaturrahmi antara sesama muslim dibulan ramadhan.

Silaturrahmi ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial.

Seperti halnya Bupati Lingga M. Nizar yang setiap tahunnya selalu menggelar safari ramadhan ke setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.

Baca juga :   Kepsek Smansa Kepulauan Posek Lantik Pengurus Osis Baru

Beberapa waktu yang lalu, Bupati Lingga, Muhammad Nizar melakukan kegiatan Safari Ramadhan di Dabo Singkep. Di kesempatan tersebut juga disejalankan penyerahan bantuan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Lingga.

Lalu Pemberian santunan kepada anak yatim, berupa bantuan sembako dari BAZNAS Kabupaten Lingga serta Bantuan Hibah Rumah Ibadah/Lembaga Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga M. Nizar mengaku bersyukur dapat bersilahturahmi kembali bersama warga yang ada di pulau Singkep.

“Tentunya kita berharap hubungan baik antara pemerintah daerah dan masyarakat semakin baik untuk kedepannya,” kata Nizar.

Nizar pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengisi bulan suci ramadhan ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif keagamaan.

“Tentu, pesan kami terus mendoakan kampung kita, khususnya Kabupaten Lingga agar dijauhi dari berbagai macam musibah dan azab,” ujarnya.

Semoga Kabupaten Lingga semakin tenang, aman dan semakin nampak perubahan dalam bentuk pembangunan.

“Baik itu dari APBD Kabupaten maupun Provinsi, APBN serta peluang investasi yang mungkin barangkali akan nampak di daerah kita di Kabupaten Lingga,” tuturnya.

Dia juga berharap banyak, selain sudah berikhtiar dan berusaha serta berdoa kepada Allah SWT. “Untuk semua hajat dan semua permintaan kita dikabulkan oleh yang Maha kuasa,” imbuhnya.

Kegiatan Safari Ramadhan ini menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Lingga sebagai sarana untuk meningkatkan tali silaturahmi dan sebagai perekat antara pemerintah daerah dan masyarakat serta sebagai wadah menyampaikan informasi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

Dimana momentum yang istimewa ini memiliki nilai-nilai keutamaan dan memberi peluang dan kesempatan berharga bagi umat Islam, untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan dan kepedulian sosial.

Dikatakan M Nizar di bulan ramadhan yang penuh dengan kasih sayang ini kita juga diajak untuk peduli terhadap kondisi yang ada disekitar kita, cinta dan kasih antar sesama umat islam serta cinta dan kasih dengan sesama warga masyarakat, sebangsa dan se-tanah air.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Lingga, Pemberian santunan kepada anak yatim serta bantuan sembako dari BAZNAS Kabupaten Lingga kepada yang membutuhkan.

Selain itu, Safari Ramadhan bersama OPD Pemkab Lingga ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dengan masyarakat setempat, serta memberikan dukungan dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Diharapkan kegiatan ini juga dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan program-program pemerintah yang sedang berjalan di Kabupaten Lingga.

Dengan diadakannya Safari Ramadhan, Bupati Muhammad Nizar berharap dapat terjalin komunikasi yang lebih erat antara pemerintah dan warga, serta mendorong terwujudnya keharmonisan dan kesejahteraan sosial di Kabupaten Lingga.

Baca juga :   BPBD Lingga Evakuasi Wisatawan Asal Malaysia Terjebak Di Gunung Daik

“Melalui Safari Ramadhan ini, kami ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan mendengarkan langsung berbagai masukan untuk pembangunan daerah yang lebih baik,” ucap Bupati Nizar.

Safari Ramadhan diharapkan menjadi momentum bagi Pemerintah Kabupaten Lingga untuk terus menjaga dan mempererat ikatan sosial dan keagamaan dalam membangun Kabupaten Lingga yang lebih harmonis dan sejahtera.

Seperti halnya pada minggu (17/03/2024) Bupati Lingga M. Nizar bersama Ketua PKK Kabupaten Lingga Maratusholiha kembali melaksanakan safari ramadhan di Kecamatan Singkep Barat.

Kali ini safari ramadhan orang nomor satu di Kabupaten Lingga itu di Masjid Al- Ihsan Kampung Tansi Rasip Desa Sungai Raya, Kecamatan Singkep Barat.

Juga disejalankan dengan pemberian santunan kepada anak yatim, berupa bantuan sembako dari BAZNAS Kabupaten Lingga serta Bantuan Hibah Rumah Ibadah/Lembaga Kabupaten Lingga dan Tausiyah Singkat dari Ustadz Ari menjelang berbuka puasa.

Nizar mengatakan, di Ramadhan yang ke-6 tentu silahturahmi ini sangat bermakna sekali, selain berbuka bersama juga dilaksanakan sholat bersama.

“Tentu kita ingin mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lingga untuk dapat melaksanakan ibadah di Bulan Suci Ramadhan khusyuk dan hidmat,” kata Nizar, Minggu (17/3/2024).

Nizar pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengisi bulan suci ramadhan ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif keagamaan.

“Tentu, pesan kami terus mendoakan kampung kita, khususnya Kabupaten Lingga agar dijauhi dari berbagai macam musibah dan azab,” ujarnya.

Untuk diketahui, biasanya, safari Ramadhan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, perusahaan swasta, organisasi, dan mahasiswa.

Adapun beberapa contoh kegiatan safari Ramadhan yang bisa dijadikan pilihan, di antaranya:

Berbagi takjil gratis bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, termasuk anak-anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan akan pentingnya berbagi dan menumbuhkan rasa empati.

Selain berbagi takjil, acara buka puasa bersama atau bukber, juga banyak diadakan di bulan Ramadhan.

Tak hanya sekadar makan-makan, kegiatan ini juga mampu mempererat silaturahmi.

Membagikan kitab suci Al-Quran bisa jadi safari Ramadhan yang dapat dilakukan.

Agar lebih bermanfaat, pilihlah masjid, pesantren, atau panti asuhan yang membutuhkan.

Umumnya, kebanyakan perusahaan swasta akan melakukan kunjungi ke pesantren atau panti asuhan.

Di sana, perusahaan swasta dapat memberikan santunan uang tunai, bahan pokok, peralatan tulis, atau perabotan mebel.

Menyelenggarakan ceramah Ramadhan bersama ustaz, ulama, atau tokoh agama, bisa jadi pilihan terbaik.

Selain jadi ajang silaturahmi, tujuan safari Ramadhan ini tentu saja untuk menambah ilmu pengetahuan tentang Islam.

Salat tarawih termasuk ibadah yang sangat dianjurkan dilaksanakan di bulan Ramadhan.

Kegiatan ini dapat memotivasi untuk meraih Lailatul Qadar dan menghidupkan malam-malam Ramadhan.

Baca juga :   Dirikan Dapur Ramadhan Polres Bersama Bhayangkari Cabang Lingga Berbagi Makanan Ke Warga

Bagi instansi pemerintah, salah satu contoh safari Ramadhan yang bisa dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan pasar murah.

Tujuannya, agar masyarakat kurang mampu dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Selain itu, Secara sederhana, safari Ramadhan dapat kita maknai sebagai bentuk perjalanan setiap muslim untuk berdialog, berkomunikasi, dan bersilaturahmi dengan masyarakat.

Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturahmi mempunyai banyak manfaat. Di antaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya.

Umumnya, dalam kegiatan Safari Ramadhan umat Muslim akan mengunjungi masjid-masjid atau pusat kegiatan keagamaan lainnya. Tujuannya untuk beribadah dan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam tentang agama selama bulan suci Ramadhan.

Safari Ramadhan juga biasanya dilakukan kegiatan sosial seperti memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, berbagi makanan untuk berbuka puasa bersama, dan kegiatan lain. Ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antar sesama umat Muslim.

Safari Ramadhan memiliki banyak manfaat baik secara spiritual maupun sosial. Beberapa manfaat safari Ramadhan antara lain:

1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Safari Ramadhan membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang melalui berbagai kegiatan ibadah dan spiritual yang dilakukan bersama-sama dengan komunitas Muslim.

2. Meningkatkan pemahaman tentang agama

Dalam Safari Ramadhan, umat Muslim dapat mengunjungi berbagai masjid dan pusat kegiatan keagamaan lainnya untuk belajar lebih banyak tentang agama dan meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran Islam.

3. Meningkatkan solidaritas sosial

Safari Ramadhan juga bisa meningkatkan solidaritas sosial antara umat Muslim. Ketika umat Muslim bersama-sama untuk beribadah dan berbagi makanan untuk berbuka puasa, mereka akan merasakan kebersamaan dan persaudaraan yang kuat.

4. Menumbuhkan rasa empati dan kepedulian

Dalam kegiatan ini, umat Muslim juga bisa memperluas pandangan mereka tentang kehidupan dan masyarakat sekitar. Hal ini bisa menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap orang-orang yang membutuhkan, dan menginspirasi umat Muslim untuk membantu mereka.

5. Menjaga kesehatan

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim harus berpuasa selama sekitar 12-16 jam sehari. Safari Ramadhan bisa membantu menjaga kesehatan umat Muslim selama berpuasa dengan menyediakan makanan yang sehat dan bergizi untuk berbuka puasa.

Sementara itu, Hikmah puasa Ramadhan yang wajib diketahui oleh umat Islam, sebagai berikut :

1. Menjadi Manusia Bertakwa

2. Bukti Ketaatan Kepada Allah SWT

3. Mensyukuri Nikmat Allah SWT

4. Mengasah Kesabaran

5. Terjaga dari Perbuatan Tercela

6. Sebagai Ladang Amal

7. Menjadi Manusia Qurani

8. Meleburkan Dosa

9. Didoakan oleh Malaikat

10. Dibebaskan dari Api Neraka

11. Mengajarkan Solidaritas

12. Melatih Disiplin

13. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.

(ADV)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *