banner 728x250

Jelang HUT ke-78 TNI AL, Lanal Dabo Singkep Gelar Program Kali Bersih Nasional

banner 120x600
banner 468x60

Jelang HUT ke-78 TNI AL, Lanal Dabo Singkep Gelar Program Kali Bersih Nasional. (Foto: ist) 

Jelang HUT ke-78 TNI Angkatan Laut 2023, Lanal Dabo Singkep menggelar kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional serentak di 78 titik di wilayah kerja TNI Angkatan Laut

Kegiatan Prokasih di wilayah kerja Lanal DBS dilaksanakan secara video conference (Vicon) di Kali Setajam Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (05/9/2023).

Kegiatan tersebut bersinergi dengan Polres Lingga, Koramil Dabo Singkep, PLP 9 Marinir, Kejari Lingga, Imigrasi Dabo Singkep, Satpol PP Dabo Singkep, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Singkep, dan Kelurahan Dabo yang bahu membahu membersihkan Kali Setajam.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danlanal DBS), Letkol Laut (P) Faruq Dedy Subiantoro, S.T., M.Tr.Opsla disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari TNI Angkatan Laut dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI Angkatan Laut tahun 2023.

“Ada beberapa rangkaian kegiatan selain upacara kita juga melaksanakan Bakti Sosial di 78 lokasi di seluruh Indonesia,” jelas Danlanal DBS.

Baca juga :   Siswi SMA Negeri 1 Singkep Raih Perunggu di Ajang O2SN Provinsi Kepri

Dijelaskan Danlanal DBS bahwa, pihaknya melaksanakan kali bersih di Kali Setajam, karena ini merupakan salah satu sungai yang cukup besar prioritasnya.

“Di sini apabila kita jaga kebersihannya diharapkan dapat mencegah efek-efek negatif dari yang ditimbulkan,” tegas Danlanal DBS.

Dia mengungkapkan bahwa, salah satunya mungkin efek banjir seperti yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut, yaitu sungai-sungai merupakan salah satu urat nadi dari perekonomian masyarakat.

Baca juga :   BMKG Imbau Waspada Banjir Rob di Kabupaten Lingga

“Danlanal berharap agar sampah tersebut tidak sampai mengotori muara maupun ke laut, dengan hasil yang kita bersihkan ini akan menjadi sangat optimal dan yang terpenting adalah terwujudnya kesadaran dari masyarakat akan kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (*)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *