banner 728x250

KPU Lingga Mulai Sortir Lipat 383 Ribu Surat Suara Pemilu

banner 120x600
banner 468x60

Daik Lingga – KPU Lingga mulai melaksanakan kegiatan Penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Daik Lingga, Kamis (4/1/2024).

“Hari ini kami resmi memulai kegiatan sortir lipat surat suara Pemilu 2024 di gudang. Jumlah pelipat yang ditugaskan sebanyak 57 orang,” kata ketua KPU Kab Lingga Ardhi Auliya, disela kegiatan.

Dia mengatakan, kegiatan pelipatan 383.815 lembar surat suara dari total lima jenis pemilihan tersebut, diestimasikan berlangsung sampai tanggal 14 Januari mendatang.

“Target kami 10 hari bisa kelar. Karena selanjutnya kami akan melakukan pengepakan dan pendistribusian hingga ke 357 TPS,” kata dia.

Baca juga: Baznas Lingga Bedah Rumah Warga Kurang Mampu di Dabo Singkep

Petugas sortir lipat lanjutnya, telah dilakukan skrining oleh KPU Lingga. Hal tersebut guna memastikan semua petugas bebas dari konflik kepentingan dengan seluruh peserta pemilu.

“Kami pastikan semua petugas pelipat bebas dari kepentingan politik seluruh peserta pemilu. Mereka wajib netral dan tidak memihak selama bertugas,” ungkapnya.

Ardhi menjelaskan, proses sortir dan melipat surat suara dilengkapi dengan standar prosedur sesuai regulasinya. Para pelilat juga diawasi oleh internal KPU dan Bawaslu serta pihak kepolisian.

“Prosesnya sesuai SOP. Jadi diatur mulai dari petugas masuk sampai dengan keluar. Spesifiksi lipatan juga dipantau secara kualitas. Kami ada pengawas internal. Bawaslu dan Kepolisian juga mendampingi. Jadi aman pastinya,” tuturnya.

Dia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kelancaran proses sortir lipat surat suara Pemilu tersebut.

“Terimakasih, khususnya kepada Bawaslu, Kepolisian dan Pemda yang telah membersamai KPU untuk memastikan tahapan ini berjalan lancar,” tutupnya. (Red)

banner 325x300
Baca juga :   Siswi SMA Negeri 1 Singkep Raih Perunggu di Ajang O2SN Provinsi Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *